Buku Tamu Shoutmix dengan Sentuhan Shadowbox

Setelah sebelumnya dibahas tentang cara memasang efek Shadowbox pada gambar, tibalah saatnya untuk membahas fungsi lain dari Shadowbox, yaitu fungsi iframe. Seperti yang telah kita ketahui bersama, fungsi iframe ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan di dalam pengembangan web maupun blog, salah satunya adalah untuk membuat buku tamu. Dari berbagai berita yang beredar di dunia maya (dan juga pengalaman pribadi), IP yang berasal dari Indonesia kini tidak lagi diblokir oleh layanan penyedia buku tamu (yang konon) paling diminati para blogger, Shoutmix. Sehingga kita bisa kembali memasang link di kolom Shoutmix. Nah, berawal dari itu, Saya mencoba menerapkan efek Shadowbox pada Shoutmix. Anda tertarik? Tetaplah di blog ini, jangan ke mana-mana :)

Buku Tamu Shoutmix dengan Sentuhan Shadowbox
Sebenarnya cara menerapkan efek Shadowbox pada Shoutmix tidaklah berbeda dengan cara penerapan Shadowbox pada gambar yang telah saya bahas sebelumnya. Karena hampir seluruh fungsi yang ada pada Shadowbox dipanggil dengan menggunakan kode yang sama, yaitu rel="shadowbox". Contohnya seperti yang terlihat pada deretan kode berikut.

<a rel="shadowbox[iframe];height=400;width=300" href="http://www5.shoutmix.com/?filelibrary">Shout?</a>

Penambahan kode [iframe] dimaksudkan agar efek Shadowbox yang dihasilkan tidak tercampur satu sama lain. Misalnya selain untuk Shoutmix, kita juga menerapkan Shadowbox pada gambar, bila keduanya dipanggil dengan kode pemanggil yang sama (rel="shadowbox"), maka keduanya akan tercampur dalam satu grup yang tentunya tidak kita inginkan (kecuali bila Anda memang ingin menerapkan mixed gallery).

Apa lagi? iya, ukuran. Perhatikan angka-angka pada deretan kode di atas, Anda dapat mengaturnya sesuai kebutuhan dan selera Anda (dalam pixel).

Selanjutnya kita tentukan alamat Shoutmix yang telah kita daftarkan sebelumnya dengan cara mencari di deretan kode yang disediakan atau dapat pula dilihat dengan mengarahkan mouse kita pada lambang omega (Ω) yang tertera di Shoutmix yang sudah terpasang.

Sip, setelah semua selesai, susun kodenya seperti kode yang telah saya tulis di atas, lalu pasang di mana saja Anda ingin menampilkan link buku tamu Shoutmix yang telah mendapatkan sentuhan dari Shadowbox :)




11 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Thak mas tutorial nya..
    kalo penerapan nya di buku tamu yang dari Cbox gimana mas...?
    Sama ja ya...?

    saya aga kurang ngerti mas...
    apa kita perlu memasukan kode Cbox nya gk..?

    BalasHapus
  3. shoutmix sudah ga banned user indonesia? saya baru tahu :D

    BalasHapus
  4. MAS, BOLEH GK MINTA TMPLAT BLOG MAS, ATAU MAS BUAT TMPLATE YG MIRIP TMPLATE NI MAS, SOALNYA SAYA SUKA BGT SM TMPLATE MAS, MENGINGATKAN SY DNG BLOG SOHTANAKA, OH IYA MAS, SY JG MAU REQUEST TUTORIAL BUAT JQUERY ACCORDION KYAK PUNYA SOHTANAKA, SOALNYA BHS INGGRIS, JDI SY KURANG NGERTI, THNKS MAS,

    BalasHapus
  5. Andreas
    Caranya hampir sama dengan cara pasang Cbox dengan Fancybox sob
    :)

    r10
    Saat nulis tutorial ini, saya juga baru tahu sob
    :D

    BalasHapus
  6. Masih bingung mas. Link disiipin dimana? Apa perlu masukin koding tersebut di dalam html template?

    Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    BalasHapus
  7. Linknya bisa disisipin di mana saja sob, di sidebar bisa, di menu horizontal bisa, bahkan di postingan (tapi aneh ya kalau buku tamu di postingan :D). Cara nyisipiinnya juga sama dengan link-link lain sob.

    BalasHapus
  8. eh, eh.. bole juga neh, ijin cobain yah sob.. :p

    BalasHapus
  9. nalezy sprawdzic:)

    BalasHapus
  10. gimana kalau di pasang di komentar,trus dklik muncul kaya buku tamu kaya punya buku tamu kk,tolong yah ka tutorialnya

    BalasHapus

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

[ Instagram M2D ]

[ Favorit ]

Malam Marah Malam Ramah

Apalah yang istimewa dengan malam? malam tak lebih dari kegelapan yang menyelimuti sesuatu yang tak pantas menikmati kelembutan cahaya, kera...

[ Referral ]

Ardhiansyam | Kontak | Sitemap | ke atas ↑