Buku Tamu Shoutmix dengan Sentuhan Shadowbox

Setelah sebelumnya dibahas tentang cara memasang efek Shadowbox pada gambar, tibalah saatnya untuk membahas fungsi lain dari Shadowbox, yaitu fungsi iframe. Seperti yang telah kita ketahui bersama, fungsi iframe ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan di dalam pengembangan web maupun blog, salah satunya adalah untuk membuat buku tamu. Dari berbagai berita yang beredar di dunia maya (dan juga pengalaman pribadi), IP yang berasal dari Indonesia kini tidak lagi diblokir oleh layanan penyedia buku tamu (yang konon) paling diminati para blogger, Shoutmix. Sehingga kita bisa kembali memasang link di kolom Shoutmix. Nah, berawal dari itu, Saya mencoba menerapkan efek Shadowbox pada Shoutmix. Anda tertarik? Tetaplah di blog ini, jangan ke mana-mana :)

Buku Tamu Shoutmix dengan Sentuhan Shadowbox
Sebenarnya cara menerapkan efek Shadowbox pada Shoutmix tidaklah berbeda dengan cara penerapan Shadowbox pada gambar yang telah saya bahas sebelumnya. Karena hampir seluruh fungsi yang ada pada Shadowbox dipanggil dengan menggunakan kode yang sama, yaitu rel="shadowbox". Contohnya seperti yang terlihat pada deretan kode berikut.

<a rel="shadowbox[iframe];height=400;width=300" href="http://www5.shoutmix.com/?filelibrary">Shout?</a>

Penambahan kode [iframe] dimaksudkan agar efek Shadowbox yang dihasilkan tidak tercampur satu sama lain. Misalnya selain untuk Shoutmix, kita juga menerapkan Shadowbox pada gambar, bila keduanya dipanggil dengan kode pemanggil yang sama (rel="shadowbox"), maka keduanya akan tercampur dalam satu grup yang tentunya tidak kita inginkan (kecuali bila Anda memang ingin menerapkan mixed gallery).

Apa lagi? iya, ukuran. Perhatikan angka-angka pada deretan kode di atas, Anda dapat mengaturnya sesuai kebutuhan dan selera Anda (dalam pixel).

Selanjutnya kita tentukan alamat Shoutmix yang telah kita daftarkan sebelumnya dengan cara mencari di deretan kode yang disediakan atau dapat pula dilihat dengan mengarahkan mouse kita pada lambang omega (Ω) yang tertera di Shoutmix yang sudah terpasang.

Sip, setelah semua selesai, susun kodenya seperti kode yang telah saya tulis di atas, lalu pasang di mana saja Anda ingin menampilkan link buku tamu Shoutmix yang telah mendapatkan sentuhan dari Shadowbox :)




Ardhiansyam | Find us on Google+ | Kontak | Follower? klik di sini | Sitemap | Versi Mobile | ke atas ↑