Blogger Touch | Mobilisasi Instan untuk Blogger

Sebenarnya seberapa penting sebuah blog memiliki tampilan yang mobile friendly? Jawabannya tentu berbeda-beda, tergantung narablog yang bersangkutan. Seperti pada tulisan sebelumnya, Blogger Versi Mobile dengan Mobify, terdapat pertanyaan menarik seputar pageview. Bagaimanapun, seorang narablog tentunya menginginkan seorang pengunjung untuk menjelajahi blognya dengan nyaman, dan tentu saja mendapatkan "pamrih" berupa peningkatan pageview. Sebut saja seorang pengunjung - yang menggunakan peramban ponsel - sedang menyambangi blog Anda (tanpa dukungan mobile view), apa yang terjadi? Anda akan tetap mendapatkan pageview, tetapi pengunjung Anda belum tentu mendapatkan apa yang dicarinya.


Selanjutnya, sang pengunjung akan lari ke laman lain dan meninggalkan blog Anda yang mengalami kesulitan tampil di layar kecil. Lalu bagaimana cara mengatasinya? silakan baca tulisan saya sebelum ini yang membahas tentang Mobify. Tapi bila Anda tak mau direpotkan dengan proses yang cukup rumit pada dua tulisan saya sebelumnya, silakan ikuti bahasan ini.

Adalah Blogger Touch, sebuah layanan yang dikembangkan menggunakan Google App Engine dengan tampilan yang mirip (sama) dengan WPTouch. Disebutkan (di situs resminya) bahwa layanan dari Blogger Touch mampu mengubah tampilan Blogger/blogspot menjadi versi mobile/IPhone. Hebatnya (berlebihan?), layanan ini juga memiliki fasilitas pencari (search widget), pengaturan laman (pagination), laman (pages, laman statis?), mendukung Google Analytics dan Adsense. dan yang paling penting, Anda tidak dipungut biaya alias gratis untuk menggunakannya.

Halaman Index



link komentar dan tombol alih

Fitur lain? versi mobile besutan Blogger Touch ini juga menyediakan sebuah tautan - menuju kotak komentar blogger klasik yang tampil cukup baik di layar ponsel - di tiap-tiap laman posting. Terdapat pula tombol untuk beralih dari tampilan mobile ke situs penuh (mungkin hanya terlihat bila ponsel Anda berlayar sentuh).

Hampir lupa, Blogger Touch juga mempunyai fitur pengalihan  (redirect), jadi bila pengunjung membuka blog Anda dengan menggunakan peramban ponsel atau pun Opera Mini, secara otomatis akan dialihkan ke versi mobile. Menarik bukan? (bukaaan.. hehe..).

Nah, silakan langsung ke bloggertouch.sopili.net, dan ikuti tata caranya, mudah sekali, saya yakin Anda tak perlu tutorial untuk menggunakan layanan instan  ini. Selamat mencoba :)

Terima kasih untuk Sobat Januardi atas informasinya.



13 komentar:

  1. mantap sob...langsung ke TKP.....

    BalasHapus
  2. gagal deh PERTAMAX :(

    BalasHapus
  3. Saya coba mengakses blog ini menggunakan opera mini 5, tapi kok hanya dua artikel yg dimunculkan. Selain itu tidak ada navigasi halamannya ke artikel terdahulu. Alhasil visitor kehilangan informasi penting. Padahal blog ini banyak menyimpan info menarik lho

    BalasHapus
  4. Hehe..bru smpt lgi ni mas kunjungan y k brandabumi..weh..review blogger touch ni...jadi malu ada nama gw d sbutin d stu..he..he...thank aja atas penyebaran info ini mas...sukses trus ats blog y...

    BalasHapus
  5. biyan
    beberapa waktu yang lalu saya mencoba memvalidasi XHTML halaman depan blog ini. Alhasil navigasi bawaan blogger terpaksa dihapus (demikian juga pada versi mobile). Sekarang sudah (sedikit) teratasi, silakan dicek lagi.
    :D

    Januardi
    biasa saja sob, sama-sama
    :)

    Semua
    Terima kasih komentarnya
    :)

    BalasHapus
  6. mantep ni gan...... ijin coba y gan... thx.... :D

    BalasHapus
  7. mantap gan..sumpah. Form commentnya blogger diinjeksi masuk ke mobile y? Atau gimana nih?

    Saya jadi tertarik buat fersi mobile :D

    BalasHapus
  8. febriyanto
    selamat mencoba
    :)


    biyan
    Kotak komentarnya langsung pake link komentar klasik-nya blogger sob (Kotak komentar klasik? klik di sini), di mobify cuma saya tampilin yang "di sini"
    :D

    BalasHapus
  9. wah kebetulan saya juga uda nyoba...emg manteb!

    BalasHapus
  10. sob caranya buat email dg domain sendiri co.cc gimana. help

    BalasHapus
  11. blogger touch musti harus pasang feed penuh dan saya tidak suka :(

    btw cara bikin kotak komentar ada 2 seperti punya mas bagaimana? 1 untuk komentar komputer, satu untuk komentar ponsel

    tolong dibalas di blogku yah mas

    BalasHapus
  12. Coba baca-baca tulisan tentang Mobify di blog ini sob, sepertinya sudah pernah saya bahas (kalau ga di tulisan ya di kolom komentar) :)

    BalasHapus

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

[ Instagram M2D ]

[ Favorit ]

Malam Marah Malam Ramah

Apalah yang istimewa dengan malam? malam tak lebih dari kegelapan yang menyelimuti sesuatu yang tak pantas menikmati kelembutan cahaya, kera...

[ Referral ]

Ardhiansyam | Kontak | Sitemap | ke atas ↑