Membuat Custom Domain di Mobify via Co.CC

co.cc & mobify Bisa dikatakan, tulisan ini merupakan tindak lanjut dari tulisan saya sebelumnya yang membahas tentang cara membuat blog (blogger/blogspot) versi mobile dengan memanfaatkan jasa gratis dari Mobify. Selain fitur redirect, Mobify juga menawarkan fitur yang cukup menarik, yaitu custom domain (fitur ini juga hanya ada di Mobify sebagai penyedia layanan mobile, setidaknya sampai tulisan ini dibuat). Dengan fitur ini, kita dapat mengubah domain bawaan Mobify (misal berandabumi.mobify.me) menjadi domain yang kita inginkan (misal m.berandabumi.co.cc, lebih elegan kan? he he..). Untuk blog ini pun, saya memanfaatkan domain  dari Co.CC sebagai pengganti domain mobify.me. Bagaimana caranya? ikuti bahasan berikut.

 

Langkah 1

Pastikan Anda telah memiliki blog dengan domain dari Co.CC (serta akun Co.CC), bila belum, silakan periksa dulu di sini. Bila sudah, lanjut ke langkah 2

 

Langkah 2

Pastikan juga Anda telah mempunyai akun dan blog versi mobile dari Mobify, bila belum, silakan baca tulisan ini.

 

Langkah 3

Login ke akun Co.CC Anda, tuju Domain Setting > klik nama domain Anda (yang sebelumnya telah di setting dengan Zone Record untuk blog blogspot Anda) > klik Set up

 

co.cc setup

 

Langkah 4

co.cc add record

Buat record baru. isi Host dengan alamat yang Anda inginkan untuk blog versi mobile Anda, misal m.berandabumi.co.cc. TTL biarkan tetap 1 D. Type pilih CNAME. Value isi dengan alamat blog Mobify Anda, misal berandabumi.mobify.me. Periksa kembali isian Anda, lalu klik Set up. Tunggu maksimal 2x24 jam untuk mengaktifkan custom domain Anda, Sementara menunggu, lanjut ke Langkah 5.

 

Langkah 5

mobify dasborLogin ke dasbor Mobify Anda, klik nama blog Anda untuk masuk ke halaman Manage. Pada bagian Site Settings, klik Deploy. Pada bagian Use a Custom Domain with your mobile view, isikan dengan alamat yang sama dengan isian Host pada langkah 4. Lalu klik Save Custom Domain.

 

mobify custom domain

 

Langkah 6

mobify redirect

 

Tempatkan kode redirect sebelum kode </head>(di halaman Edit HTML Blogger), lalu klik Save Setting. Selesai.

 

Tips 

Biasanya domain baru (yang merupakan sub domain dari domain blog Anda) tidak akan langsung aktif. Maka dari itu, bila muncul pesan error pada langkah 6 (setelah Save Setting), kosongkan isian custom domain (Langkah 5), klik Save Custom Domain, lalu lakukan lagi Langkah 6. Tunggu maksimal 2 hari. Ulangi lagi langkah 5 dan 6. Bila tak ada pesan error, berarti custom domain Anda telah aktif :)

 

Oke, selamat mencoba :)




Ardhiansyam | Find us on Google+ | Kontak | Follower? klik di sini | Sitemap | Versi Mobile | ke atas ↑