AV-98 INGRAM – Sebuah Proyek Papercraft

PatlaborApa lagi ini??  bagi Anda yang pernah menonton serial kartun Jepang dengan judul Patlabor (ditayangkan di Indosiar pada tahun 1994, sudah lama ya :) pasti mengenal sosok yang tergambar di samping, adalah AV-98 INGRAM. Cerita Patlabor sendiri berseting sekitar tahun 1998-2002 di Jepang. Robot yang disebut "Labor" digunakan dalam pekerjaan konstruksi berat. Dengan makin meningkatnya penggunaan Labor dalam kehidupan sehari-hari, Polisi Metropolitan Tokyo memiliki divisi khusus yang bertujuan untuk untuk melawan kriminal dan menghadapi kecelakaan yang berhubungan dengan Labor. Divisi khusus tersebut disebut dengan nama Patrol-Labor atau Patlabor.

 

Nah, berawal dari keisengan saya main ke Paper-replika.com terciptalah sebuah Labor tipe AV-98 INGRAM tersebut :) 

 

 

Mulai dari mencari model (kenapa mencari? karena saya belum bisa mendisain model 3D sendiri hehe… saya memilih model Patlabor AV-98 INGRAM yang didisain oleh Julius Perdana dari Paper-replika.com), mencetak model di atas kertas HVS (kertas karton putih yang biasa digunakan untuk sampul), menggunting dan memotong per bagian (dibantu oleh Mohanlink), melipat, mengelem dengan menggunakan lem PVAc, sampai menyatukan bagian-bagiannya, semua tergambar pada foto-foto berikut (klik View Full Album)

 

 

_________________________________

Berikut adalah sekilas penjelasan yang saya adaptasi dari Kaskus

*Pembuatan model dari kertas ini disebut PaperCraft/Paper Replika/Paper Model atau Ichinogami (Jepang) yang merupakan pengembangan dari Origami. Seperti yang kita ketahui, origami adalah seni melipat dengan menggunakan 1 lembar kertas. Berbeda dengan origami, paper replika adalah seni merakit kertas dari beberapa lembar kertas (tidak terbatas). Teknik yang dibutuhkan adalah menggunting,memotong memakai cutter, melipat, membuat kurva dengan kertas, mengelem, dan membentuk kertas.

 

Kenapa kertas?

  1. Lebih murah daripada model plastik, besi, atau resin
  2. Fleksibel
  3. Banyak bentuk yang dapat dibuat, seperti bangunan,
    karakter, kendaraan, hingga sendal jepit!
  4. Bisa dimodifikasi sesuai keinginan.

      gundam Kurosaki Ichigo

 

Cara Membuat Paper Replika

  1. Sediakan model yang akan dibuat. Model didapat dari beberapa sumber seperti majalah, internet, atau bisa kita buat sendiri dari file 3 dimensi.
  2. Setelah mendapat model yang disukai, Print model tersebut di kertas khusus. Anda bisa memakai kertas InkJet Paper 100gr, Concorde 100gr, atau concorde 200gr, dan jenis kertas lain.
    Penting untuk diperhatikan : jenis kertas jangan terlalu tipis dan jangan terlalu tebal.
  3. Setelah diprint, saatnya pemotongan dilakukan. Pemotongan dapat memakai cutter atau gunting, sesuai dengan selera dan objek yang akan dipotong. Jika objek pemotongan terlalu kecil, disarankan memakai cutter.
  4. Sesaat setelah dipotong, lakukan scoring atau penandaan garis lipatan. Dapat dilakukan dengan pulpen kosong atau garis setengah kekuatan dengan cutter kepada setiap garis lipatan di model kertas.
  5. Kemudian, saatnya merakit..!! Gabungkan setiap potongan dengan lem sesuai dengan instruksi perakitan atau gambar referensi.
  6. Nikmati model kertas Anda..!! Model kertas ini dapat kamu jadikan kado, souvenir, kenang-kenangan, pajangan, atau bahkan sarana untuk narsis kepada lawan jenis.. :D


Alat yang digunakan
Peralatan dasar :

  1. Cutter, untuk memotong bagian kecil
  2. Gunting, untuk memotong bagian yang agak besar
  3. Lem (Fox/UHU), sebagai perekat antar-bagian
  4. Penggaris Besi, sebagai panduan untuk cutter
  5. Tusuk gigi, untuk membantu mengelem bagian-bagian kecil


alat bahan papercraft

 

 

Peralatan khusus : 

  1. Pinset, sebagai pengganti jari untuk menahan bagian pengeleman, dapat juga digunakan untu melipat bagian-bagian yang sulit dijangkau jari
  2. Cutter Pen, Cutter khusus yang ujungnya lebih kecil daripada biasanya.
  3. Cutting Mat, sebagai alas potong, anti slip, tidak merusak cutter, dan awet, bila tidak ada dapat menggunakan lempengan kaca atau keramik
  4. Isolasi, untuk menambal kertas yang tidak sengaja sobek

 

PERINGATAN
"Mengerjakan Model Kertas dapat menyebabkan ketagihan, kecanduan, semangat berlebih, pujian tiba-tiba dari pacar, serangan pesanan souvenir, persediaan tinta rumah/kantor tiba-tiba menipis, dan gangguan dari anak kecil yang tiba-tiba mau mengetes keaslian dari model kertas yang sudah dibuat."

Untuk melihat hasil papercraft dari agan-agan kaskus, klik tautan berikut:
Gallery Paper Model

 

 

Ingin segera bermain dengan kertas? kunjungi tautan-tautan berikut :)

  1. bamboogila.blogspot.com

 

dan inilah papercraft pertama saya dari paper-replika.com :)

   patlabor av-98 ingram

 

 

serta beberapa karya mohanlink :)

 

karya mohanlink




Ardhiansyam | Find us on Google+ | Kontak | Follower? klik di sini | Sitemap | Versi Mobile | ke atas ↑