Akses Facebook Hemat via Ponsel

Facebook Opera Sebagai pesbuker Anda tentu sering mengakses facebook via ponsel (m.facebook.com), baik menggunakan web browser bawaan ponsel maupun dengan aplikasi pihak ketiga semisal Opera Mini. Selain web browser, Anda juga membutuhkan pulsa (kecuali bila ponsel Anda memiliki dukungan wifi). Anda dengan dana berlebih tak perlu berpikir lebih mengenai berapa pulsa yang habis untuk pesbukan, tapi bagi Anda yang memegang teguh prinsip ekonomi, tips sederhana berikut layak Anda coba.

 

Jika Anda pengguna:

 

1. Opera Mini

 

Jalankan OpMin Anda, tuju bagian Menu > Tools > Setting

Opera Mini

Load Images

Ubah Image quality menjadi Low, atau bila ingin lebih hemat lagi, hilangkan centang pada bagian Load image, dengan setingan ini, gambar tidak akan ditampilkan saat masuk halaman facebook.

 

Image

 

Bila Anda tetap ingin menampilkan gambar pada suatu halaman web (halaman facebook, ingin melihat foto misalnya), tekan angka 1 di keypad ponsel Anda lalu pilih Load images.

 

Load 

 

2. Browser bawaan ponsel

 

(Ini hanya untuk pengguna ponsel Sony Ericsson, NetFront browser)

Masuk ke browser, pilih More > Advanced/Option > Show pictures, lalu pilih off.

 

NetFront

 

Hasilnya akan tampak seperti ini

 

Net 

Anda dapat pula menampilkan text saja (tanpa gambar) di browser secara langsung dengan memilih More > View > Text only

 

Text Only

 

Hasilnya akan tampak seperti ini

 

Front 

Tips ini pada dasarnya hanya mengubah setingan browser agar tak memuat gambar. Tanpa adanya gambar, data yang dikirim dan diterima ponsel menjadi lebih kecil, sehingga selain lebih cepat, tentunya akan menghemat pulsa Anda saat pesbukan (maupun aktivitas browsing lain). Bagi saya (subjektif), kurang lega rasanya melihat foto-foto di facebook lewat layar ponsel (sebesar apapun layarnya). Saya lebih suka melihat foto-foto tersebut via PC atau laptop (kecuali bila benar-benar dipaksa rasa penasaran, sesekali waktu saya mengaktifkan fitur Load images di OpMin, lalu mematikannya lagi untuk menghemat..he..he..he..).

 

Selesai? belum, selain kedua cara di atas (optimisasi setingan browser), kita juga dapat melakukan penghematan dengan cara mengubah setingan tampilan foto di akun facebook kita:

Tuju bagian Setting > Photos > Show Photos > ubah menjadi Min, lalu tuju bagian Photo size > ubah menjadi Small

 

Setting

Dengan setingan ini, facebook hanya akan menampilkan foto seperlunya saja, misalnya saat kita memasuki halaman profil dan juga album foto, sedangkan pemutakhiran (update) foto dari teman-teman Anda akan tampil dalam bentuk teks.

 

Setelah menerapkan tips ini, Anda dapat menghemat sekitar 2 kb (bahkan bisa lebih) per halaman facebook (atau halaman lain) yang Anda muat dengan Opera Mini atau browser bawaan ponsel. Tidak terlalu besar memang, tapi silakan Anda hitung sendiri berapa penghematan yang Anda lakukan setiap harinya (berapa kali Anda mengakses facebook tiap harinya? berapa halaman yang Anda buka setiap kali mengakses facebook?).

 

Selamat Mencoba.. :)




Ardhiansyam | Find us on Google+ | Kontak | Follower? klik di sini | Sitemap | Versi Mobile | ke atas ↑