Blogroll dengan Thumbnail Screenshot

Blogroll secara sederhana dapat diartikan sebagai kumpulan tautan atau link blog maupun website yang ditampilkan (dalam bentuk daftar) di halaman blog atau website kita. Tujuan memasangThumbshots blogroll, selain untuk menjalin silaturahim sesama blogger, (secara tidak langsung) juga dapat  meningkatkan ranking blog kita di mesin pencari (search engine). Nah, untuk mengisi daftar tautan atau link di blogroll, kita biasa melakukan tukeran link (link exchange) dengan sobat-sabat blogger di seantero dunia maya.

Dilihat dari tampilannya, terdapat bermacam-macam blogroll dengan berbagai daya tarik, diantaranya, yang paling sering digunakan adalah textlink (link dalam bentuk text yang biasanya terdapat di sidebar) dan banner (link dalam bentuk gambar yang mengarah ke alamat blog tertentu). Sedikit berbeda dengan yang sering digunakan, kali ini saya akan membahas blogroll yang dilengkapi dengan gambar pratinjau (thumbnail) dengan memanfaatkan layanan gratis dari Thumbshots.

Dengan layanan ini kita tidak perlu repot mengambil gambar blog yang akan dipajang di blogroll, cukup mengunakan script tertentu (yang bisa diperoleh setelah melakukan registrasi Thumbshots), gambar pratinjau dari blog sobat blogger kita akan secara otomatis tertampang. Dengan adanya gambar thumbnail, blogroll kita tentu akan tampil lebih menarik dari biasanya. Penasaran? jangan pindah ke blog lain, tetap di sini dan ikuti bahasan singkat berikut.
  1. Silakan lakukan proses registrasi di sini
  2. Setelah registrasi berhasil, Anda akan mendapatkan dua buah kode. Kode pertama adalah kode untuk mengintegrasikan gambar thumbnail di blogroll Anda.thumb12Sedangkan kode kedua berfungsi untuk mengaktifkan layanan dari Thumbshots.thumb22  
  3. Buat postingan baru (entri baru) di blog Anda, letakkan kedua kode yang telah Anda dapat di bagian Edit HTML (jangan di Compose).
  4. Silakan ganti [LINK] dengan alamat web atau blog yang Anda inginkan.
  5. Jangan lupa meletakkan kode aktivasi (kode kedua) untuk mengaktifkan layanan sekaligus untuk mencegah di-suspend-nya layanan ini di blog Anda (bila Anda tidak meletakkan aktivasi kode, layanan gratis dari Thumdshot akan berhenti bekerja, dan Anda harus menunggu 30 hari untuk mengaktifkannya kembali).
  6. Setelah semua langkah telah dilakukan, Anda dapat melakukan berbagai kreasi dengan blogroll Anda, sebagai contoh, Anda dapat melihat penerapannya di sini.
  7. Selamat berkreasi :)



Ardhiansyam | Find us on Google+ | Kontak | Follower? klik di sini | Sitemap | Versi Mobile | ke atas ↑