Memperbaiki Flashdisk Kingston DataTraveler Mini

Beberapa hari yang lalu, flashdisk legendaris saya (Kingston DataTraveler Mini Migo Edition) mengalami masalah yang cukup serius. Flashdisk yang pernah tenggelam bersama cucian (lalu hidup kembali selama dua tahun, hingga saat ini) tersebut ngambek dan tidak bisa diformat dengan menggunakan Windows, file system nya pun berubah dari FAT menjadi RAW dengan kapasitas 0 (nol). Kemudian saya mencoba menggunakan Disk Management bawaan Windows (Run - compmgmt.msc atau klik kanan My Computer – Manage – Disk Management), lalu saya format dengan file system FAT, tapi tetap gagal. Masalah inilah yang memaksa saya untuk berkelana di jagad maya lebih lama dari biasanya.

 

Kingston DataTraveler Mini Migo Edition Awalnya saya menemukan software HP Drive Key Boot Utility, tapi flashdisk tetap bergeming, kemudian Windows memberi tahu bahwa flashdisk belum diformat, setelah diformat ternyata flashdisk saya ketagihan untuk diformat, Windows kembali meminta untuk memformat si flashdisk. Saya nyatakan software ini gagal (untuk kasus saya). Mumet saya :D

 

Akhirnnya setelah menengok thread dari agan-agan Kaskus saya meluncur ke FlashBoot.ru. Situs ini membuat saya makin mumet, karena berbahasa Rusia (mungkin sama mumetnya bila orang Rusia baca tulisan di blog ini :D). Di sub menu nya (flashboot.ru/iflash.html) terdapat formulir untuk memasukkan VID (Vendor ID) dan PID (Product ID) flashdisk yang hendak diberbaiki. Lalu bagaimana cara mengetahui VID dan PID sebuah flashdisk? Dari hasil mondar-mandir via Google, diperolehlah info mengenai USBView, sebuah software gratisan dari Microsoft yang dapat menampilkan daftar (beserta informasi) perangkat USB yang sedang terhubung ke PC atau laptop.

 

usbview

gambar di atas diambil setelah flashdisk diformat dengan menggunakan USB Flashdisk Formatter, sehingga idVendor dan idProductnya berubah.

 

Dari  USBView, diketahui bahwa flashdisk legendaris saya ber-VID 0951 dan PID 1605. Empat angka di belakang 0x tersebut yang kemudian dimasukkan ke formulir iflash.

 

iflash

 

Selanjutnya akan muncul daftar tipe flashdisk lengkap dengan software untuk memperbaikinya.

 

Klik software yang diperlukan (ditandai dengan tanda panah).

 

iflash vid pid

 

Klik pada tombol yang ditandai.

 

iflash result

 

Masukkan kode yang diminta, klik tombol sekali lagi untuk mengunduh.

 

iflash kode

 

Jika kode yang Anda masukkan benar, proses unduh otomatis akan berjalan.

 

Nah, software penyelamat sudah ada di tangan (di harddisk maksudnya). Sepintas tak ada yang istimewa dengan software yang berukuran mungil ini (492 Kb), membuat saya sedikit ragu.

 

usb flashdisk formatter 

Namun keraguan itu sirna seketika setelah menunggu beberapa menit. flashdisk saya (secara tiba-tiba) autoplay!!!. Alhamdulillah… flashdisk saya bernyawa kembali :)

 

Begitulah, bila Anda mempunyai permasalahan yang sama, dan mungkin flashdisk yang (bertipe) sama. Silakan langsung unduh USB Flashdisk Formatter ini. Namun bila Anda mempunyai masalah dengan flashdisk lain, silakan gunakan cara-cara di atas, dengan syarat flashdisk Anda masih dikenali oleh Windows (atau SO/sistem operasi yang lain). Jika flashdisk Anda tidak dikenali lagi, silakan beli yang baru :D

 

Demikian, semoga bermaanfaat :)




© 2009 - 2013 Ardhiansyam | Find us on Google+ | Kontak | Follower? klik di sini | Sitemap | Versi Mobile | ke atas ↑